Qowwam Nyai… Bukan Kolam

4 11 2007

picture-063.jpgSaya asli Madura, tapi lahir dan dibesarkan di Balikpapan. Jadinya, saya lebih fasih berbahasa Indonesia (yang dipakai di Balikpapan selain Bahasa Banjar) dibanding bahasa ibu. Bapak saya (semoga Allah melapangkan kuburnya, amin) juga lahir di Balikpapan, berbahasa Indonesia sefasih Bahasa Madura, dan lumayan lancar bahasa Banjar. Ibu saya yang benar-benar asli Madura, lahir dan dibesarkannya disana. Pindah ke Balikpapan setelah menikah dengan bapak. Bahasanya lebih dominan bahasa Madura. Jadi kadang agak susah melafalkan huruf-huruf tertentu (mungkin juga ditambah usianya yang sudah 70 tahun).

Nah, ini kaitannya dengan nama anak-anak saya. Anak yang pertama (Luqman), gak ada masalah. Bisa disebutkan dengan fasih. Yang kedua  (Syamil Sholah Syahadah), beliau agak kesulitan dalam mengucapkan Syamil. “Ah, susah katanya. Sholah saja.” Awal-awalnya beliau memang memanggil Sholah, tapi karena semua pada manggil Syamil, mau gak mau ngikut, dan akhirnya terbiasa.

Pas anak ketiga lahir, Ibu saya sedang ada di Palu, lewat telpon bertanya siapa nama anak saya yang ketiga ini. Saya beritahu berulang-ulang tapi gak pas juga beliau nyebutinnya. Akhirnya saya SMS biar jelas.

Dua pekan yang lalu beliau datang berkunjung ke Lombok.

Bertanya lagi siapa nama anak saya yang ketiga itu.

“Qowwam, Nyai.”

“Aduh… susahnya.”

Setiap saat ingin menyapa anak saya, ibu saya pasti bertanya, “Siapa namanya?” Dijawab si abang “Qowwam, Nyai”.

Lama-lama ibu saya terbiasa juga. Tapi kadang tetap lupa, manggil “Qoham…”

“Lho kok qoham nyai… qowwam,” kata si abang.

Ibu saya tertawa, “Oh iya… Qowwam…”

Kadang “Kolam….” Si abang makin terperanjat. “Qowwam nyai… bukan kolam”. Hehehe..

Akhirnya saya kasih alternatif panggilan yang lain. “Panggil Fayadh saja nyai biar mudah” (nama lengkapnya Qowwam Syuhada al-Fayyadh).

“Siapa? Mayat” kali ini kakak yang terperanjat. “Kok Mayat nyai?”

“Jadi siapa?”

“Fayyad…”
“Ah, nyai panggil syuhade aja” Rupanya si nyai frustasi….

Jadilah anak ketiga saya dipanggil Syuhade sama nyainya. Kok Syuhade? bukan Syuhada? Orang madura biasa begitu. Saudah jadi Saudeh, Hamidah jadi Hamideh, Halimah jadi Halimeh (e nya seperti pengucapan e pada belum).
Nyai…nyai…. Kasihan…. Semoga Allah senantiasa melimpahkan kasih sayang-Nya padamu, amin.


Actions

Information

15 responses

6 11 2007
benbego

Hallo Mbak, pertamaxx dulu ya!😀
Nama Qowwam memang rada sulit tuh mbak diucapin. Syuhade..pake “e” kok kedengaran jd betawi ya!
BTW ini jawaban saya atas komen mbak di blog saya. agak mengecewakan nih. Saya juga dah coba, selama berada dalam account yg sama, maka semua artikel yg kita posting tetap menggunakan nama tertampil yg sama. Simpelnya karena account kita berada dashboard yg sama. Mau tidak mau ya harus bikin baru lagi. Gimana, masih penasaran? Logikanya.. tak boleh ada 2 nyawa dalam 1 tubuh. klo ada, yg terjadi adalah kesurupan!😀

Hehe… tenkyu ya…

6 11 2007
benbego

hallo mbak, ralat nih. sepertinya bisa. tapi belum saya uji coba. caranya kita tambahkan saja pengguna baru sebagai editor. lengkapnya nanti saya post deh. ato klo mo langsung ada di panduan.wordpress.com
Wassalam!😀

Ok. I’ll check. Tengkyu lagi

7 11 2007
Um Ibrahim

He..he… yang penting mah Nyai sayang cucunya, salah nyebut nama mah, harap maklum aja namanya juga orang tua…:)

Ma’kasih atas kunjungannya ya…sering2 mampir:)

Iya… cuman anak-anak aja yang suka protes. ;D.

9 11 2007
Rien

*nahan geli pengen ketawa*…
aih panggilannya qowwam toh? ammah selama ini kan manggilnya fayadh…
nyai apa kabar? selama ini blm pernah ketemu, cuma sama nenek ya…
lebih baik nenek panggail syuhade saja ya…daripada kolam ;))

Gpp ammah… mana saja….Nyai sehat Alhamdulillah…

9 11 2007
Rien

eh mksdnya nyai yg manggil, kok jadi ke nenek, :))

15 11 2007
dewiyuhana

xixixixie….so funny…
jadi ngebayangin wajah si nyai ama anak-anak waktu percakapan itu berlangsung… *_^

Ya gitu… yang nyai malu-malu, yang anak-anak innocent. (Maaf ya Nyai)

17 11 2007
DAri PMB BAndung

Salam kenal dari Perhimpunan Mahasiswa BAndung🙂

19 11 2007
vera

hehehe,lucu juga yah mba nin…masih mending neneknya masih sama2 1 bahasa. Kalo Ais,neneknya di Jkt udah wanti2 utk ajarin bhs Indo,krn mamahku gk bisa inggris.

Makasih udh mampir….iya mungkin dejavu yah ^_^…senang kenalan sama mba Nina dan cerita2nya menarik banget …:)

salam hangat

vera

Tapi seru tuh Ais jadinya bisa bahasa macem-macem. Senang juga kenalan dengan Ais dan mamanya

26 11 2007
Ina-Nabila

Wah nama anaknya subhanallah bagus2. Sayang Nenek susah panggilnya. Gpp .. yg penting kan sayang ya Nyai ?
Kapan2 aku kalo konsultasi nama ke mbak aja ya🙂

Hehe…. boleh… boleh…. yang mudah, sedang atau susah?😉

17 12 2007
ibnuisa

========================================
wah :d .. orang madura ya .. salam kenal
========================================
dhari dhimmah asallah ?? he .. he ..
========================================

17 12 2007
ibnuisa

wow .. tolesen sengko’ gi’ adhante’ “moderation”, !!

23 12 2007
ibnu isa

betul …. !!

3 01 2008
alf

Asl…ehe…ceritanya lucu…ada2 saja tuh si-nyai…., oh ya salam kenal mbak….thanks

Salam kenal kembali

27 05 2008
hamsin

ass…aduh rame banget, numpang promosi z nih jalan-jalan ke blog saya, mksih…

Insya Allah ya…

9 12 2008
anang

Ass…
Salam kenal…
Bagus juga namanya…
kalo boleh tau nih…
Al Fayyadh artinya apa?
trus secara keseluruhan artinya gimana?

Thanks,

Al Fayyadh artinya murah hati… Gelar yang diberikan kepada salah seorang sahabat yang dijamin masuk surga….
Duh, siapa ya… Kalau gak slaah Sa’ad bin abi waqash
Arti keseluruhannya: Pemimpin para syuhada yang murah hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: