Mereka Bukan Saudaraku

17 05 2008

Hari itu gas di rumah habis, sudah diganti yang baru, tak juga berfungsi kompornya.
Ada apa denganmu wahai kompor?
Jadilah dari sore hingga esoknya menjelang siang tidak ada aktivitas memasak di rumah.
Pagi harinya, ngobrol dengan salah satu tetangga, bercerita tentang segala hal yang patut diceritakan sampai akhirnya tentang masalah si kompor ini.
Setelah merasa cukup bertegur sapa dengan para tetangga yang lain (saat itu hari Ahad, jadi para tetangga sebagian besar terlihat) aku pun pulang menunggu sang tukang servis kompor datang.
Baru lima menit berada di dalam rumah, ada seseorang mengucapkan salam di luar.
Ternyata tetanggaku tadi yang datang dengan membawa rantang plastik berwarna hijau.
Subhanallah…
“Apa ini ukh?” Kataku penuh keheranan
”Anti pasti belum sarapan. Ini tadi ana numis kangkung. Seadanya.”
”Masya Allah. Anti, kok repot-repot.”(ini asli bukan basa basi, aku betul-betul tidak menduga akan dikirimin menu sarapan pagi begitu)
”Gak papa ukh. Kasihan anak-anak.”
”Syukran ya…”
Kemudian dia pun pulang.

Aku masih tertegun. Memandangi nasi, opor ayam, tumis kangkung, tempe goreng dan pisang goreng yang tidak tampak ’seadanya’.
Tetangga… memang beraneka ragam.
Ada yang baik, ada yang judes, ada yang cuek, ada yang suka senyum, ada yang mahal senyum.
Tapi Alhamdulillah, secara umum tetanggaku rata-rata baik, bahkan malahan baiknya bisa melebihi saudara.
Cerita di atas tadi contohnya.
Ya Allah muliakanlah tetangga-tetanggaku itu di surga-Mu.
Mereka bukan saudaraku, tapi kebaikannya sungguh menyentuh hatiku.

“Serve Allah, and join not any partners with Him; and do good – to parents, kinsfolk, orphans, those in need, neighbours who are near, neighbours who are strangers, the Companion by your side, the wayfarer (ye meet), and what your right hands possess; for Allah loveth not the arrogant, the vainglorious” (Q.S 4:36)


Actions

Information

33 responses

18 05 2008
jimmy

wah mengharukan sekali, jarang lho ada tetangga seperti itu, apalagi seperti saya di kota ini, sama tetangga aja banyak yang gak kenal😦

Hehe pindah aja ke BTN Pak….🙂

18 05 2008
ridu

wah.. baik banget yah tetangganya.. tapi bisa jadi sih mereka baik karena membalas kebaikan mba kepada mereka.. jadi saling tolong menolong.. nice..

Alhamdulillah… saya seringnya ditolong😉

18 05 2008
Donny Reza

Subhanallah. Memuliakan tetangga … kadang sulit sekali rasanya kita bisa sekedar tersenyum pada tetangga😐 padahal, mereka bisa jadi ‘penolong’ kita di akhirat kelak.

Padahal senyum itu gampang banget ya….

18 05 2008
yusdi

wah syukur punya tetangga baik. dapet maem enak…..

mahasiswa mah jarang dikirim makanan…..

Ohya? tapi saya waktu jadi mahasiswa dulu tiap hari dikirimin makanan….. sama ibu catering😛

18 05 2008
Um Ibrahim

wah enaknya punya tetengga kaya gitu…gak ada tetangga yg ngasih kompor baru sekalian…* ngelunjak.com*

eh, menag lagi butuh tuh… terutama kompor minyak… wekekekek

Subhanallah, ada pepatah arab yg intinya, kalo cari rumah liat dulu siapa tetangganya sebelum liat rumahnya🙂

hugs for the kidz :)*

19 05 2008
nh18

Ibu Nin …
Ini pasti karena ibu Nin juga baik kepada mereka …
Sehingga mereka menganggap bu Nin sebagai keluarga sendiri …
Ini buah kebaikan dari ibu Nin … percayalah …

Semoga benar begitu penilaian Allah pada saya, amin..

BTW … Ibu Nin nggak papa kan ?
Kemarin aku lihat di TV ada aksi yang lumayan keras di TV berkait dengan Pilkada di Lombok ??

Semoga Ibu Nin baik-baik saja …
Salam saya

Alhamdulillah ga papa Pak…
Ya, ada pihak tertentu (yang menginginkan diizinkannya calon perseorangan ikut) yang berunjuk rasa…
Terima kasih Pak ya…

19 05 2008
ichanx

tetangga gw di bandung juga gitu loh… dikit2 ngirim makanan… mending kalo cuma satu tetangga… ini mah sekali 3 tetangga gitu loh… ah… jadi kangen kampung…

He…. trus yang satu ngirim nasi, satunya lauk, satunya sayur… pas bener tuh ya…

20 05 2008
galih

nyenengin banget yah kalo tetangga peduli sperti itu ke kita,
jadi pengen.. tapi sayang,ditempatku,yang katanya orang lokasi wah.. hal seperti itu mustahil😀

Yah seneng banget…. Galih tinggal di lokasi? Saya dulu juga sempet tinggal di lokasi tambang…. ada sih tetangga tapi ya gitu deh

20 05 2008
Ahmad

Aneh ya dalam satu hari saya melihat postingan yang agak mirip
http://siriz.multiply.com/journal/item/10/Tetangga

Hehe… berarti tetangga memang sesuatu yang mengasyikkan untuk dibahas😉

Waktu kecil karena orang tua kerja dua-duanya, saya sering dikasih makanan sama tetangga, masih terbayang sampai sekarang, mudah-mudahan Allah membalas jasa mereka

Amin…

20 05 2008
galih

lokasinya.. daerah sibuk bernama djakarta😦
hiks.. aku ingin hidup didesa…. dimana kekeluargaan masih menjabat erat

*pengen berkotor-kotor disawah*

Hehe.. kirain lokasi tambang…
Semoga kelak bisa menghabiskan hidup di desa😉

21 05 2008
ayahshiva

wah kalo gitu aku tinggal di daerah itu aja deh, daerah mana tuh?

Hehe… catet yah… BTN Belencong, Mataram….

21 05 2008
achoey sang khilaf

tetangga yang baik
adalah salah satu rejeki kan🙂

Ya, alhamdulillah…

21 05 2008
gajahkurus

makanannya mengundang selera, mau dong🙂
itulah tetangga, kiri-kanan, depan-belakang, yang lebih dekat dengan kita dan paling duluan mengerti keadaan kita🙂

Heee.. udah abis..
Ya, mereka lebih dekat dari sodara…

21 05 2008
Alex Abdillah

ass.

Mereka sudah menjadi saudara kita. InsyaAllah

Insya Allah…. semoga menjadi sodara dunia akhirat

21 05 2008
indra1082

Subhanallah……
Kadang2 Tetangga melebihi saudara
dan saudara seperti Orang lain…

Wah bahaya yah kalo sodara bisa seperti orang lain…

Pengalaman yang menarik…………

21 05 2008
yoenday

duuuh baik hati banget tetangganya, mbak..

Ya, Alhamdulillah… sebuah karunia dari Allah…

21 05 2008
deen10february

duh sy jadi malu bacanya, soalnya gak smua tetangga yg sy kenali..itu juga klo dah kenal bisa cepet lupa namanya😦.. Ah, malu..

Nah, mulai sekarang harus mulai menginga mereka satu per satu yak…

21 05 2008
ven

subhanallah mba…senengnya bisa bertetangga spt itu…klo di tempatku agak susah ya bertetangga layaknya spt di indo…tp lg mencari cara nih biar bisa deket ama tetangga…abis beda cultur

Nah, kudu pahami kultur nih… dimana bumi dipijak, dst…

21 05 2008
eko

salam kenal dari eko

mampir ke blog eko ya klo sempet

eko13.wordpress.com

22 05 2008
tintin

Alhamdulillah .. ALLAH telah menolong keluarga bapak melalui tetangga bapak🙂

semoga diberkahi pak .. aminn ..🙂

Alhamdulillah…
Allah selalu memiliki bermacam cara dalam menolong hamba-Nya….
Allah Maha Kreatif…

22 05 2008
senaz

MasyaAllah..crita ttg tetangga emang beraneka ragam ya mba Nin..
bersyukur skali dpt tetangga yg perhatian dan baik..
btw, kakakku jg punya crita ttg tetangga yg cukup unik🙂..
silakan di liat mba nin.. http://siriz.multiply.com/journal/item/10/Tetangga

Iya say…. saya kemarin berkunjung kesana…

22 05 2008
senaz

mba Nin..ada satu pertanyaan nih..bukannya di lombok itu kebanyakan bukan muslim ya?..tp kl dari critanya mba Nin, sptnya masyarakatnya sgt Islami..apakah daerah semacam Muslim Town di sana, layaknya di setiap kota di dunia yg slalu mempunyai daerah China Town???

Lombok itu di NTB say…. Kalo NTT mayoritas nasrani, tapi di NTB mayoritasnya muslim. Malah disini terkenal dengan sebutan “Pulau Seribu Masjid”

22 05 2008
HILMAN

Betapa indah dan tentram hidup ini dengan nuansa seperti itu…dunia akan damai, bumi akan tentram, tidak ada darah permusuhan, tidak ada perang….!!!
BAHAGIANYA…MERASAKAN ITU…

“Siapa yang memberi kasih sayang kepada makhluk di muka bumi, niscaya yang ada dilangit akan memberikannya kasih sayang…” (hadits)

Benar. Dan barang siapa memudahkan urusan orang lain di dunia makan ia akan dimudahkan urusannya kelak di yaumul akhir…. amin…

22 05 2008
realylife

amin
jadi kepengen jadi tetangganya bunda nin
selalu didoakan

Insya Allah… mudahan jadi tetangga di surga-Nya… amin…

22 05 2008
natazya

wah… seneng ih dengernya! eh bacanya!

tetangga kami… sama sih suka bantu juga…

*tapi blom ada yang kirim makanaaaan

:p

salam kenal ibu

Mau dikirimin makanan dari Lombok?😛 juga

23 05 2008
daengfattah

Tetangganya pada asyik yah? Hehehe
Eh, kalau tetangga non muslim yang ngasi makanan bagaimana?

Alhamdulillah….
Ya diterima dong…

23 05 2008
mataharicinta

assalamu’alaikum bunda………………
neng kangen nih.
pa kabar bun?
moga kompornya cepet sembuh ya bun. eh, udah sembuh belum ya?
mau dikirimin bika ambon dari medan, bun?

Sama Neng…. Saya juga kangen sama Neng….
Lagi Sibuk yah?
Eh, mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuu dong bika ambonnya.
Sudah tahu alamat saya belum?😀

24 05 2008
ario dipoyono

wuih enak banget

Enak sekali🙂

24 05 2008
ario saja

uenak….

Alhamdulillah

24 05 2008
Rien

ukh, ane punya kue nih😛 (emang kue ngenyangin yah…)

Mauuuuuu… Ah, kalo kue anti gak musti kenyang…. pasti enaknya insya Allah

sama, disengata ikatan ukhuwah terasa sekali klu lagi ga ada makan, masih ada yg mau memberi, walaupun dua potong ikan🙂

Aku mau ke Sangata juga ahhhhhhh

doakan kami ukh…
tgl 26 besok, semoga Allah menguatkan kami memberikan kami pemimpin yg soleh dan istiqomah…

Insya Allah amin…..

26 05 2008
Rozy

hmm…Alangkah indahnya hidup bertetangga seperti itu. Bagaimanapun, tetangga adalah saudara terdekat kita dalam kehidupan sosial. Ketika musibah menimpa kita yg membutuhkan uluran tangan, maka yg pertama-tama ambil bagian pasti tetangga kita [Jika mendapatkan tetangga yg baik🙂 ]dan bukan saudara kita yg sedarah yg tinggal jauh di luar kota😀 . Dan beruntung pulalah seseorang yg mendapatkan tetangga2 yg baik, karena dengan itu telah terpenuhi satu syarat kebahagiaan dan ketenangan hidup🙂

Baru satu syarat ya Pak…

Wassalam.

5 06 2008
icHaaWe

waah… alhamdulillah yah pny tetangga yg begitu baik dan perhatian…memang nikmat Allah itu dimana2

Ya.. karunia-Nya yang tiada terhingga…

8 06 2008
hamsin

jadi laper liat maskannya, oh ya fhoto yang diatas tuh cuma pemanis z he…he…

Hehe… laper itu manusiawi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: