Khataman Luqman yang Pertama

18 06 2008

….Sebuah postingan yang terlambat…
Alhamdulillah…
Tanggal 6 April yang lalu, Luqman telah mengkhatamkan al-Qur’an untuk yang pertama kalinya.

Teringat masa lalu waktu di Kalimantan, biasanya saat khatam Qur’an diadakan acara seperti ini. Dibuatkan telur warna warni. Ingin menularkan perasaan bahagia yang sama pada Luqman

Tak salah kan? Menyenangkan hati anak…. Menghargai usahanya yang telah bersungguh-sungguh mempelajari Kitab Allah ini…

Malam sebelum khataman kami sempat berpesan pada Luqman. Kami akan memanggil teman-temannya untuk mensyukuri khatamnya dia, tetapi dia harus berjanji akan tetap membaca al-Qur’an. Khataman bukan berarti stop membaca Qur’an. Justru harus semakin rajin membacanya.

Abinya sengaja membuatkan tulisan dengan gambar dirinya. Abinya juga yang merangkai telur, bercerita untuk teman-temannya dan membacakan do’a untuknya.

Karena persiapannya mendadak, telurnya hanya sedikit.
Tapi Luqman tampak bahagia sekali.
You deserve it Son…


Actions

Information

34 responses

18 06 2008
ven

subhanallah mba….tiada hal yg paling membahagiakan saat anak bisa seperti itu

Ya… bahagia sekali rasanya Ven… bisa mengantarkan anak perlahan-lahan membuka dunia ini

perjuangan yg hebat mba…bagi2 tips2nya dwoong…mulai umur brp luqman belajar baca al qur’an secara serius???? coz anakku yg sulung 3 thn klo diajarin main2 terussss…tp msh semangat kok ngajarin dia😉

dari 4 tahun mulai Iqro’ Ven… ya waktu awal-awal diajarin memang gak pernah serius…kadang sambil ngelamun, sambil main. Tapi aku percaya bahwa sambil bermain dia menyerap semua yang diajarkan… Dan ternyata benar, ketika ditanya dia bisa menjawab dengan benar… Pas masuk SD baru mulai al-Qur’an…. Yang penting jangan dipaksa…Pelan-pelan tapi pasti…

18 06 2008
jimmy

maaf mbak, boleh tahu khataman itu maksudnya apa ya? karena ini istimewa, pastinya bukan hanya membaca qur’an kan?

Khataman dari kata khatama-yakhtimu-khatman (arab) artinya “penutupan, selesai”. Dalam bahasa Indonesia ditambah akhiran “an” bermakna sebuah prosesi “penyelesaian”. Di Indonesia tradisinya di acarain gitu sbg apresiasi terhadap prestasi anak menyelesaikan baca qur’an dari ayat pertama s/d ayat ke 6666 untuk pertama kalinya. Masing2 daerah punya style acara sendiri2. Ini hanya satu bagian dari proses penanaman nilai alqur’an thd anak. Ini bukan akhir dari interaksi dengan qur’an. Diharapkan sepanjang hidup terus membaca qur’an. 1 huruf = 1 pahala. Proses idealnya: belajar baca (iqro), Makhroj (pembunyian), Tartil (ritme), Tafsir (pemaknaan), Tanfidz (praktek nilai2nya dalm kehidupan),tahfidz (menghafal), dan Dakwah (menyerukan)nya kpd seluruh manusia.

18 06 2008
realylife

Alhamdulillah Luqman , semoga nanti bisa mengaplikasikan al qur`an yang dihatamkan

Amin…
Itulah harapan kami Mas Said..

19 06 2008
Herdi

Ninaaaaa………….
Gak nyangka nemu blog kamu disini…..
Wah….dah banyak hal yang berubah ya……
Hmmmm….rupanya memang waktu banyak membawa perubahan…

Masih inget sama aku kan..?
Herdi ex enviro senakin…

Seneng ngliat kehidupan kamu yang ternyata jadi islami banget……
Pengen juga nih……
Doain aku ya…..

Insya Allah jadi muallaf yang baik….

Wah… bisa ketemunya disini…
Inget dong…
Kalo inget Mas Herdi ini, inget ban bocor waktu jalan ke Senakin….
Seneng juga denger Mas Herdi revert to Islam..
Semoga istiqomah ya…
Pengen denger ceritanya juga….

19 06 2008
quelopi

alhamdulillah, saya ja blon khatam-khatam

Alhamdulillah…. semoga segera khatam ya…

19 06 2008
ridu

wah.. hebat bagnet yah.. ridu SMP baru khatam.. Subhanallah..

Alhamdulillah om Ridu…
Do’akan Luqman istiqomah ya…

19 06 2008
utchanovsky

Aga2 terharu juga. Di sini syukuran semacam ini sudah ditinggalkan. Mudah2an saya bisa tetap meneruskan ayat2 Allah dalam keluarga saya nanti.

Makasih tausiahnya Mas

Ya disini juga sudah banyak ditinggalkan..
Kami hanya ingin menularkan rasa bahagia itu kepada anak-anak…
Sebagai ganti perayaan ultah kan…

19 06 2008
mataharicinta

subhanallah, semoga suatu saat bisa menjadi pemimpin bangsa ini ya bunda.

Amin… Jika benar bisa memimpin… semoga bisa menjadi pemimpin seperti Rasulullah dan para sahabat

19 06 2008
Donny Reza

Selamat bu, saya baru khatam pada saat umur 19 tahun, saat kuliah, saat jauh dari orang tua. Bukannya ortu nggak pernah mendorong, tapi sayanya yang malas😀 Pencapaian luqman tentunya jauh lebih baik daripada saya🙂

Zamannya emang beda Mas…
Sekarang gak sedikit anak SD yang sudah khatam al-Qur’an….
Yang penting anak kita harus lebih baik dari kita.

19 06 2008
jimmy

wah ternyata gitu ya.. saya baru tau mbak😀 makasih ilmunya..
selamat ya buat Luqman, hebat masih kecil udah bisa khatam.. lihat teman2 yang komen di atas aja ada yang udah gede tapi belum khatam.. hayoo kalah sama anak kecil😀

Makasih juga mau bertanya…semoga bermanfaat

20 06 2008
Rozy

Alhamdulillah…selalu merasa bercermin jika singgah ke ruang ini…

Semoga Allah SWT memberkahi keluarga Mbak Nin dengan beroleh keturunan-keturunan yg sholeh-sholehah serta menjadi ahli Qur’an sekaligus berakhlak Al Qur’an…

PS: Mbak Nin, Jika berkenan, silakan meninggalkan kesan dan pesan di halaman BLOGROLL blog saya. Terima kasih sdh memberikan banyak manfaat di dunia blogsphere. Smoga Allah ridho dan ini menjadi amal jariyah Mbak, dan kiranya Allah SWT senantiasa menjaga hati Mbak Sekeluarga…amin.

Amin makasih doanya…Insya Allah saya akan mampir. Kita banyak saling memberi manfaat di blog ini. Memang salah satu misi hidup kita adalah “nafi’un li ghoiri” berusaha memberi manfaat kepada orang lain

20 06 2008
yusdi

duh senengnya…

saya yg udah tua, belum pernah sekalipun…hiks hiks…

ada saran ga biar bisa khatam?
*ya dibaca lah*

Saran? hehe…. ya betul…dibaca….

20 06 2008
oliveoile

Di tempat saya di KalBar, kalo Khataman Qur’an ada perayaannya mbak. Pake pokok telur yang disusun. Seperti acara walimahan.

Wah.. tambah seru ya…. Biasanya anak-anak jadi pada kepengen segera khatam…. Ngajinya jadi semangat

20 06 2008
emma

Selamat Luqman,..Mbak’Nin Luqman sudah kelas berapa? Rifki baru khatam Iqro,..baru saja masuk juz 3,tapi aku targetkan untuk khatam Qur’an sebelum lulus SD, doain yaa,..biar sama dengan mas Luqman khatam dan benar membacanya..

Terima kasih Tante…
Luqman mau naik kelas 2 insya Allah. Mulai Al-Qur’annya saat mau lulus TK. Setelah ini tetap mengaji untuk lebih membenarkan bacaannya dan mau dicoba ikut tahfidz….. Mohon do’anya ya..
Dan saya do’akan Rifki juga bisa segera khatam

20 06 2008
awan sundiawan

selamat atas khatamannya…😀

Terima kasih… Mohon do’a supaya dia istiqomah🙂

20 06 2008
Um Ibrahim

SubahanAllah,

Mubarak!!!! *meneteskanairmatalagi* halah…jadi Malu, Ibrahim satu jus aja belum dapet, surat baru 4,😦
Bacaan arab seh udah mulai bisa dikit2, tapi kalau Qur’an, mamanya aja masih aa..aa…uu…uu…. gimana mau ngajarin😦
Insya’Allah nanti kalo tahun depan Teta & Sidonya pindah deket rumah, Ibrahim ada yg ngajarin… doa’in ya yakhti… Ibrahim & mamanya juga biar istiqomah…

Alhamdulillah Ukht…. Berat memang mengajak anak cinta al-Qur’an di tengah derasnya godaan duniawi disana sini.. *tarik nafas*
Sabar Ukhty, insya Allah Ibrahim akan mampu membaca Qur’an dengan lancar….
Semoga keistiqomahan senantiasa berada dalam jiwa kita semua ya…
Amin…

20 06 2008
kakanda

AlhamduliLlah, selamat Bunda,…
semoga jadi qurrata a’yun

Alhamdulillah… terima kasih atas do’anya…

20 06 2008
Kuis Pertama: Berapa usianya ? « Kakanda Berbagi

[…] mba Leah yang lagi sebel sama tamu tak diundang, Bu guru Neng Three yang sibuk ngisi nilai raport, Bunda Nina putranya Luqman telah khatam Quran yang pertama,  Mba Presty yang terjangkit Virus MJ🙂, Mba […]

20 06 2008
nh18

Ah ternyata aku belum berkomentar disini …

Om Trainer mengucapkan Selamat untuk Luqman …
Bunda pasti bangga sekali …

Salam

Terima kasi Om….
Kalo ada orang yang paling berbahagia, tentukah dia bundanya….🙂

20 06 2008
ichanx

kok jadi merinding bacanya ya…. selamat buat luqman, semoga makin rajin baca qur’an-nya dan jadi anak yang shaleh…. *kapan gw terakhir baca qur’an ya? :(( *

Thank you Mas Ichanx…
Hayooooo… Habis ini langsung baca ya…

21 06 2008
ubadbmarko

Ngikut bangga ah…

Alhamdulillah…

21 06 2008
achoey sang khilaf

subhanallah

saya sangat bangga
semangat dalam berislam🙂

Insya Allah…

21 06 2008
natazya

subhanallah…

ah…

jadi ingat…

saya rajinnya waktu masih mondok

skarang sudah makin hedon saja…

*malu sama luqman…

AYo….ayo…galakkan membaca al-Qur’an…

21 06 2008
galih

Mmm… apayah…

*lagi lagi speechless*

* dan sedang merenung*

*ikut merenung…*

21 06 2008
ayaelectro

hem, saya wktu itu awal baca al-qur’an pas TK abis itu khatamnya baru kelas 6 SD. Masya Allah, lama bener…hehe. selamet ya buat luqman!

Terima kasih Mba Aya…
Tapi Mba Aya udah khatam kan… selamat ya…

22 06 2008
Hamsin

ya….sip…sip…jangan udah ninggalin kalimantan lupa udah ama budaya disini…saya msih kcil mbak belajar ngaji ama papu biasanya tuh sama rotan dismping he….he…slamt deh utk lukman mari trus mengaji, jgn kaya saya mbak udah tamat jrang buka qur’an tapi klau datang susah baru ingat am tuhan…numpang nanya mbak nh di kalimantan tuh dimana dulu?. slam kenal anak bugis, kalimantan n lombok (gado-gado)

Saya di Balikpapan dulu…. The oily city….. hehehe

22 06 2008
jiwakelana

malu ama luqman neh….

Lho.. kenapa malu?

22 06 2008
realylife

selamat ulang tahun ya luqman
maaf bun saya baru tahu
semoga jadi anak soleh ya’

Amin… terima kasih… Sama-sama Mas Said..

23 06 2008
deen10february

Ade Luqman usianya brp Bunda?. Kyknya masih imut bgt.. Deen klo g salah pertama kali khattam pas SD jg..cmn bacanya lompat2..😀 *itumah bkn khattam y?* .. Jadi diulang lagi deh bacanya, baru pas SMP bisa khattam..

Blognya Bunda, makin keren nih..menginspirasi🙂

Usianya 8 tahun Den….
Alhamdulillah…

23 06 2008
senaz

mba nin..Subhanallah..hebat bgt Luqman..insyaAllah Zhavar ngikut ya..amiiiin

Alhamdulillah…. Insya Allah…. Umi do’akan ya Dik Zhavar….

24 06 2008
Alex

Ass.

bisa jadi contoh buat malaikat kecilku..

gimana khabar Lombok skarang mbak nin ??

Alhamdulillah… baik…. Sebentar lagi kami mau Pemilihan Gubernur…

24 06 2008
yakhanu

assalam

alhamdulilah
selamat ya…

Alhamdulillah…
Terima kasih…

25 06 2008
anggaara

buseeettt….
alhamdulillah…..
ampe sekarang ajah q lom khatam….

Alhamdulillah…
Emang sekarang kelas berapa ?😀

6 09 2008
wiendietry

Salam kenal,
Saya terdampar di sini karena tidak sengaja🙂. Awalnya karena iseng browsing ttg Lombok.
Hebat sekali bisa mendidik anak khatam dalam waktu yang cepat🙂 Ilmunya boleh dong dibagi.
Btw, apa benar ayat al-qur’an itu ada 6666 biji, sudah sempat coba dijumlahkan sendiri mbak? Toh cuma 114 surat kok. Siapa tau itu justru salah, dan tanpa terasa kita ikut menyebarkan hal yang salah itu.

Wallahua’lam….
Hanya Allah yang tahu…
Tentang khatam dalam waktu yang cepat… sebenernya tidak cepat juga… banyak yang lebih cepat dari Luqman….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: