Dalam Sebuah Perjalanan

14 07 2008

Dalam sebuah perjalanan, kita seringkali menemukan hal-hal yang menarik, menyedihkan atau mencengangkan.

Perjalanan apapun itu. Perjalanan ke luar kota, ke luar negeri maupun perjalanan hidup secara keseluruhan.

Yang ingin saya share disini adalah perjalanan kampanye dalam mengusung calon gubernur baru bagi NTB. Calon itu adalah seorang Tuan Guru…

Tuan Guru bagi masyarakat NTB adalah sesosok figur yang dimuliakan, diagungkan.

Tapi isu yang senantiasa diumbar oleh lawan politiknya adalah ”Untuk apa Tuan Guru mencalonkan diri jadi gubernur? Sebaiknya mengurusi pengajian saja.”
Tuan Guru yang satu ini bukanlah seorang Tuan Guru yang hanya mampu mengurusi pengajian saja.

Namun dia adalah Tuan Guru yang cerdas, emosinya terjaga, akhlaqnya baik dan seorang yang visioner.

Banyak hal menarik yang kami temui selama kampanye mengusung pasangan BARU ini dari desa ke desa, dari kota ke kabupaten.

1. Uangnya Mana?

Begitu masuk ke perkampungan untuk sosialisasi TGB (Tuan Guru Bajang), kami langsung disodori pertanyaan, ”Uangnya mana?, kemarin si A kesini bagi uang, si B bagi mukenah, si C menjanjikan motor.” Masya Allah. Sebagian masyarakat kita ini sudah benar-benar sangat miskin dan kehilangan izzahnya. Mereka ingin kesenangan yang instant dan sekejap. Suara bisa dibeli dengan uang (yang kadang hanya bernilai 10.000,- rupiah). Perlu penjelasan panjang untuk menyadarkan mereka, bahwa Yang memberi UANG pasti KORUPSI bila menang. Ambil uangnya JANGAN pilih orangnya. Membagi uang ini cara yang sudah kuno sekali, sejak zaman saya masih pakai rok merah hati dulu. Rupanya mereka tidak punya TIM KREATIF yang mampu menciptakan cara berkampanye yang lebih baik dan bermoral. Ada yang membagi-bagikan mi instant dengan ditempeli stiker dengan pesan ’Yang makan mi ini haram kalau tidak mencoblos orangnya’… Hehe… bukankah ini sebuah penyesatan? Bukannya yang haram justru kalau mencoblos ya, karena sama saja dengan disuap.

2. No Goyang Dangdut

Begitu kesempatan kampanye secara terbuka dimulai, para pasangan berlomba-lomba mengumpulkan massa. Cara yang paling sering dipakai adalah dengan mendatangkan artis ibu kota, atau paling tidak menyediakan arena goyang dangdut lah. Hanya pasangan BARU yang tidak. Tapi Subhanallah, massa bisa terkumpul walau tanpa goyang dangdut, dengan jumlah yang sama bahkan lebih. Cukup dihibur (atau lebih tepatnya disemangati) dengan Nasyid perjuangan. Judul kampanye yang digunakan cukup ”Tabligh Akbar”, maka para jama’ah datang dengan niat yang tulus.

3. Ngeriiiiii

Ini adalah ungkapan yang keluar dari lisan salah seorang ibu ketika kami melakukan Voter Education di kampung-kampung. Tidak ada yang tidak kenal terhadap sosok TGB ini. ”Saya Bu, denger namanya saja sudah ngeri…” Hehe… mungkin maksudnya ’merinding’ ya. Tuan Guru Bajang memang figur yang kharismatik.

Semoga Beliau bisa memimpin dengan amanah dan istiqomah.

Hari ini KPUD akan tetapkan GUbernur-Wagub terpilih.

Hasil Rekapitulasi kota/ kabupaten se-NTB yang dihimpun Lombok Post, menunjukkan kemenangan bagi Pasangan BARU yang mencapai 38,84%.

[110.1] Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.

[110.2] Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,

[110.3] maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima tobat.


Actions

Information

32 responses

14 07 2008
Alex

Allahu Akbar !!!

semoga di berkahi Allah.
dan bisa amanah.

Amin… Mohon do’anya…

14 07 2008
Alex

harus tetap kritis dan mengkritisi kebijakan beliau nanti. agar apa yg dicita2kan bisa terwujud.

Insya Allah…

14 07 2008
Koko

semoga bisa membawa NTB ke arah yang lebih baik.

Semoga!!!!

14 07 2008
achoey sang khilaf

subhanallah
akhirnya BARU manjadi pemimpin di NTB🙂

alhamdulillah

Sebuah kerja berat menanti…

15 07 2008
Rozy

Harapan dan do’a saya sebagai warga Batam ;

Semoga pasangan Kepala daerah NTB yg terpilih diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam menjalankan tugasnya, mampu bersikap amanah dan bertanggung jawab, serta ucapan dan tindakannya senantiasa diperhatikan dan didengar serta menjadi rahmat bagi masyarakat lombok guna menuju masyarakat yg sakinah mawaddah warohmah dan agamis, dan juga senantiasa dalam bimbingan dan petunjuk serta perlindungan Allah SWT…amiin Allahumma amiin..

Amin….
Subhanallah.. do’a yang bagus sekali.
Terima kasih Pak Rozy…
Semoga Batam pun diberi naungan rahmat ole Allah….

15 07 2008
Rindu

Semoga ALLAH memuliakan ya Bunda … amin ya Rabb.

Amin… amin…

16 07 2008
deen

Bunda, siap sukseskan kampanye PEMILU 2009?!.. Pasti siap banget ya Bund.. ^_^..

Bangkitlah negeriku, harapan itu masih ada..

Insya Allah….
Harapan itu Masih Ada…

16 07 2008
HILMAN

Aduuhhh..lama nggak mampir ke blog bunda nin nih…
selamat buat BARU…semoga memberikan yang baru buat masyarakat NTB…
sayang, waktu pilkada saya tidak dapat memilih gubernur saya sendiri di kampung halaman…tapi, saya hanya memilih lewat doa saja….

Amin… Iya nih sayang suaranya… Sebentar lagi kami juga mau pilbup….. Do’akan ya

16 07 2008
Eka

sukses aja dhe….🙂
salam kenal…

Makasih… Salam kenal kembali

16 07 2008
esaifoto

saya suka membaca artikel anda cukup ilmiah mirip pidato politik mba’mega membaca analisa anda mengenai partai anda lebih cocok mendirikan partai politik bukan memperjuangkan sebuah partai, asal jangan mendirikan partai orang-orang lapar, lapar kekuasaan misalnya. poligami itu tidak boleh dalam pernikahan banyak perempuan marah, tapi berpoligami dalam TPS alias menjoblos banyak partai itu halal, itu kata saya. bukan kata arif budiman pencetus golput
salam kenal dari bandung
http://esaifoto.wordpress.com

Mba Mega? OMG…
Selama ada partai yang tujuannya jelas, yang mempergunakan partai untuk memperoleh kekuasaan… yang dengan kekuasaan itu mampu beramar ma’ruf nahi munkar…. kenapa tidak didukung kan…
Jadi belum perlu mendirikan partai baru mungkin….
Wish you the best…

16 07 2008
uwiuw

kemarin sy ngeliat sosok tuan guru itu di tv. Belum tau sih visi dan misi. Dan juga ngak berani membaca karaternya cuma dari wajahnya. Sepank terjangnya juga ngak tau krn sy ada di propinsi yg jauh, jawa barat. Tapi semoga dia sosok yg tepat buat NTB.

Semoga saja… Begitulah jua harapan kami, rakyat NTB….
Terima kasih mau ikut mendo’akan ya…

17 07 2008
tc

eee ngeliat gambar yang diatas kirain foto orang lagi naek haji…
rame berkerumun pake jilbab smua…
heuheuhe

Wuehehehe…
Semoga saja semua yang hadir disitu berkesempatan naek haji beneran….

17 07 2008
ariefdj

..hemm… Kalo aja rakyat dpt informasi yg terbuka mengenai perilaku semua para wakilnya di legislatif, hampir dapat dipastikan sebagian besar milih para kader PKS sebagai wakilnya pada 2009-2014..

Yang menjadi rintangan memang sebagian besar media belum berpihak pada PKS
Semoga ke depannya bisa….

17 07 2008
gajahkurus

Semoga menjadi pemimpin yang amanah. Sebab kemenangan diperoleh dengan kebijakan. Kebijakan diperoleh dengan berpikir secara mendalam dan benar.

Amin… semoga saja

17 07 2008
realylife

bun , nyang menang siapa ya ??? maklum lagi ngga sempet nonton tv , lagi sbuk acara kopdar dan mbuat sepatu
semoga nyang amanah ya bun

Alhamdulillah menang, terima kasih doanya…
Duh yang sibuk kopdar…. salam buat bloger yang ikut kopdar ya…

18 07 2008
Gelandangan

Saya jadi ingat proses pemilihan Ahmadinejad mas dari calon yang tidak diperhitungkan dan hapy endingnya mantap😀
sukses mas
salam kenal

Salam kenal kembali…
Ya semoga pemimpin baru ini bisa tampil sesederhana AHmadinejad

18 07 2008
achoey sang khilaf

rasanya perjalanan negeri ini semakin indah🙂

Alhamdulillah…
Semoga kita meraih kemenangan yang telah dijanjikan Allah

18 07 2008
ayaelectro

semoga semua pemimpin bisa melakukan hal seperti itu, tidak ada uang, bersih dengan hati tulus.

Amin….. Aya the next yah..

18 07 2008
emma

Kapan semua pemimpin di negeri ini “bersih dan amanah”? spt ini.?
semoga NTB semakin maju dengan kepemimpinan beliau ber-2..

Amin… semoga rakyat Indonesia semakin cerdas dalam memilih pemimpinnya

19 07 2008
utchanovsky

Ditunggu realisasi dan usaha yang terbaiknya. Jangan sampe jadi bulan2an lawan politik yg selalu mengincar tiap celah, mencari kesempatan menjatuhkan.

Insya Allah… semoga mereka berdua amanah….
Dan Allah memberikan perlindungan dari segala makar manusia

19 07 2008
yadi

sy dari jauh diseberang pulau, diseberang selat dan diseberang lautan mendo’akan semoga NTB makin maju aja deh, bagi yang kalah mari kita tetap menjaga persatuan…

Terima kasih atas do’anya..
Butuh jiwa ksatria bagi yang kalah untuk bisa menerima kekalahannya

19 07 2008
theloebizz

semoga bisa memberikan perubahan berarti buat daerah tersebut yah amiiiin🙂

Amin… semoga perubahan itu benar-benar bisa terjadi

20 07 2008
ven

rasa2nya dah komen kok aku teliti lg…komenku gag ada yaa…hihihi nglindur niy aku…

Hihi… mungkin komen di masalah pilgub yang sebelumnya ya…

mba nin…selamat yaaa….akhirnya lolos juga…moga tetep amanah dlm kondisi apapun untuk pasangan BARU….membawa perbaikan yg berarti buat NTB..amiyn

Alhamdulillah… terima kasih atas doanya say…

21 07 2008
galih

gmn yah bun, gara2 postingan bunda aku ampe bikin partai ndiri di blogku😀

Hehehe.. BOleh mendaftar kan jadi alegnya?

21 07 2008
natazya

huehuehuehue memalukan sekali yah ko yang ditanya “uangnya mana?”

dan memang! buat apa sih goyang dangdut? emang dimana korelasinya antara goyang dangdut sama pola memimpin nantinya?

hm… kharisma yah… saya ga pernah merhatiin pemimpin pemimpinan bu… terbiasa menjadi golput hehe

Itulah Taz… Sebagian masyarakat kita..
Taz tahun 2009 jangan golput dong…

21 07 2008
mataharicinta

semoga dimudahkan ya bunda
kasian juga dengan kondisi rakyat kita ya
ternyata kita masih lebih disibukkan dengan hal2 yang sifatnya sementara daripada mencari figur pemimpin yang sesungguhnya.

Betul say… Semoga kemiskinan segera dienyahkan dari tanah air tercinta ini…

21 07 2008
Menik

wah… tuan guru menang juga ya ?

mudah2an bisa memegang amanah dan merealisasi janji2nya🙂

Alhamdulillah… Innalillah kata beliau…..

22 07 2008
nh18

HHmmm Bu NIn …
Reaksi masyarakat itu loh … (uangnya mana ?) (ah )
Ternyata masih banyak yang perlu kita edukasi ya Bu …

Sukses ya Bu …

Terima kasih Pak…
Iya nih kayanya butuh seorang trainer untuk edukasi….
Siap Pak Trainer?

22 07 2008
trendy

Palemabng juga sedang menghitung hari!
heheheheeh!

Semoga sukses yah…

22 07 2008
Sir Arthur Moerz

saya ikut doain…

Terima kasih

23 07 2008
ichanx

no comment…. lagi males ngomong politik… masih kecewa ama pilkada di kaltim, yang mana dengan alasan “agama” rakyat bertaklid buta memilih pemimpin yang sudah jelas tidak amanah..🙂

Emang pilkada kaltim kenapa Chanx?

24 07 2008
yusdi

siapapun pimpinannya, semoga selalui diridhoi oleh Allah..aminnn

Amin… That’s the point….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: