Ketika Abi Kehabisan Cerita

8 08 2008

Anak anda senang mendengarkan dongeng?

Anak kami senang sekali.

Sedang bermain apapun, ketika mendengar kami bercerita dengan saudaranya yang lain, permainan itu akan ditinggalkan untuk kemudian bergabung bersama kami.

Dalam hal bercerita ini si Abi jagonya.

Meskipun dadakan, bisa saja dia mengarang cerita.

Namun itu tidak terjadi tadi malam.

Mungkin karena kelelahan, bakat berceritanya tidak bisa berkembang dengan maksimal.

Tapi Luqman memaksa abi harus cerita, apalagi dia tahu dengan pasti bahwa kemarin saya dan abinya telah mengikuti workshop ”Teknik Bercerita” bersama Kak Bimo.

Dia terus merengek minta diceritakan. Maka bendera putih dari si abi pun berkibar.

Dan mengalirlah sebuah cerita..

”Di sebuah desa pantai…. Hiduplah seekor ayam jago dengan tiga ekor anaknya.. Suatu malam sang ayah berbaring bersama ketiga anaknya di atas rerumputan. Berkatalah anak yang sulung: Ayah kenapa sih Allah menciptakan bintang yang banyak berkelipan di langit? Si ayah terdiam sebentar dan berkata: untuk memberi petunjuk kepada nelayan arah mata angin. Anak yang sulung mengangguk2 dan akhirnya tertidur………….”

Hening….. abi pura-pura tidur…. (berharap Luqman tidak protes)

Luqman: Abi….. lanjutin ceritanya…..

Abi gelagapan, dan melanjutkan ceritanya

”Anak yg kedua bertanya tentang bulan. Jawab ayahnya untuk perhitungan kalender. Kemudian anak kedua juga tertidur.”

Hening lagi…. abi tertidur lagi… (tetap berharap Luqman ikut tertidur)

Luqman: Abi…. kok tidur juga…

Dan cerita dilanjutkan kembali

”Anak yang bungsu, yg agak bawel bertanya tentang matahari. Jawab ayahnya untuk penerangan di siang hari…..

Belum selesai bercerita, Luqman menyela,

Luqman: Ah… pasti habis ini Abi tidur lagi…

Mendengar itu Abinya melanjutkan ceritanya

”Si bungsu tidak mau tidur. Ia minta dinyanyikan. Si ayah yang mulai mengantuk menyanyikan lagu Matahari Terbenam (abi bernyanyi hingga selesai, melirik Luqman, belum tidur), Ambilkan Bulan (bernyanyi lagi, Luqman belum tertidur juga), Nina Bobo (bernyanyi dengan suara melemah, tapi Luqman belum mau tidur juga), dan terakhir Go to Sleep (suaranya semakin melemah). Dan akhirnya si anak dan ayahnya tertidur…”

Zzzzzzzzz abinya tertidur….

Luqman: Ah…. Abi…. kok tidur……

Abinya terkejut…

Cerita harus dilanjutkan. Maka abi berpikir keras…

”Sang ayah ini diamanahi penduduk desa itu sebagai petugas yang membangunkan warga ketika fajar. Namun pagi itu seluruh warga kesiangan, karena si ayam bangun telat dan tidak ada yang berkokok. Kenapa ayahnya bangun telat?, karena dipaksa bercerita oleh anaknya. Seluruh warga jadi susah. Kalau gitu kita tidur sekarang ya nak…”

Luqman tidak berkomentar lagi…

Abinya menganggap diamnya dia berarti setuju.

Setelah itu hening……

Saya tahu abinya pasti sudah bermimpi, Luqman? Entahlah…..


Actions

Information

29 responses

8 08 2008
Edi Psw

Jadi ingat waktu aku masih kecil. hehehe…

Suka didongengin ya Pak🙂

8 08 2008
achoey sang khilaf

waduh kebayang aku nanti

bahagia bgt😀

Membayangkan saja sudah bahagia ya….

8 08 2008
orangndut

Bahagianya bila punya keluarga yang harmonis dan anak yang cerdas….hehehe

Semoga saya mendapatkannya🙂

8 08 2008
trendy

waktu kecil saya nggak didongengin tapi dikasih susu terus langsung tidur dah!
wekekeke

Pasti sehat ya😉

8 08 2008
Panda

wah…. indahnya

jadi pengen…😦

Pengen diceritain?🙂

9 08 2008
oliveoile

Waktu kecil dulu, setiap lampu mati, pasti ngumpul di tempat tidur dengerin dongengnya bapak🙂

Hehe… betul.. Saat mati lampu adalah saat yang tepat untuk mendongeng😀

10 08 2008
utchanovsky

Kalo saya yg biasa dongeng malah ibu. Duh postingan ini nostalgia sekali😀

Ibu yang cerdas…

10 08 2008
Donny Reza

Saya juga dulu seneng banget kalo didongengin sama bapak… bahkan walau dongeng itu berkali-kali diceritakan🙂 tapi justru moment2 semacam itu lah yang selalu saya ingat🙂

Betul…
Mereka lebih baik didongengin dengan cerita yang berulang-ulang dari pada enggak sama sekali🙂

12 08 2008
ven

wedew ndongeng itu bagianku mba Nin….jago deh kalo acara karang mengarang hehehh aku juga hampir gag pernah pake buku ref kalo ndongeng biar bisa masukin pesan2 moral sesuka aku…hihihih nggaya bgt kekekekek

btw aku msh bingung mo ngasih tag Brilliant weblog ke siyapa mba coz skrng udah jarang bgt blogwalking….aneh aja tiba2 ngasih tag heheh pdhl dah lama gag pernah ninggalin komen di blog lain

Wua….. Hebring nih ibu satu.. Udah jago bikin kue.. jago dongeng pula…

12 08 2008
aminhers

konon menurut cerita, mendongeng kepada anak akan menambah daya iritabilita otak anak dengan proporsi dan jenis dongeng yang beragam.

BTW saya kangen goreng ayam teliang dengan sambal pedasnya dan plecing kangkung yg ma’nyos.
best regard

Ya… bahkan dongeng bisa dimulai ketika si anak masih berupa calon bayi…..
Loh.. pernah ke Lombok ya?

12 08 2008
rizki

Duh, Luqman makin pinter aja ya. Abi nya aja ampe takluk.

Ada yg mo dongengin aku ga? biar cepet tidur.. hi..hi..hi.. :p

Siap-siap aja Mas jadi pendongeng buat anaknya nanti :p

13 08 2008
galih

bapakku ndak bisa ndongeng, ah.. masa kecil yang menyebalkan😦

Semoga nanti suaminya bisa mendongeng

13 08 2008
mataharicinta

hehehe, lucu bunda.
jadi inget papa. waktu kecil suka dongeng juga. yang paling inget itu cerita tentang kodok waktu hujan2 disawah.
ternyata, rajin dengerin dongen ada niilainya juga bunda.
pas guru TK neng kasih tugas untuk cerita kedepan, dan yang bisa boleh istirahat duluan, neng maju. kalo gak salah, waktu itu neng satu2nya murid yang berani maju kedepan. akhirnya, yahhh, story ended, ‘n neng begun her lunch earlier.

Wah nice memory….
Semoga Luqman dan adik2nya kelak mempunyai cerita indah yang bisa dikenang..

13 08 2008
achoey sang khilaf

Abi
ayo cerita lagi😀

Bentar ya… biar Uminya dulu yang cerita😀

13 08 2008
uwiuw

kayaknya benr yah anak itu adalah buah hari…mereka menenangkan kita🙂

Yah… Alhamdulillah…

14 08 2008
nh18

Bu NIn …
Saya tersenyum baca postingan ini …
This is The Best bu …
This is The Best One …
Saya suka … ada lucu … ada yang menyentuh … ada usaha seorang ayah … ada kecerdikan seorang Luqman … dan ada … kasih sayang diantaranya …

Salam saya untuk keluarga Ibu semua …

Alhamdulillah bisa membuat Pak NH tersenyum🙂

15 08 2008
chic

dulu sih yang suka dongeng mama saya.. huhuhu jadi kangen..

Kalo mamanya masih hidup, telpon sekarang juga dan say that you love her.
Salam juga ya buat mamanya

15 08 2008
ario saja

wah….senengnya punya bapak yang bisa ber cerita

Bapak saya dulu gak bisa cerita tapi saya mencintainya😉

15 08 2008
hanggadamai

Klo diriku waktu kecil klo mw tidur minta digarukin punggungnya:mrgreen:

Haha… makanya kalo mau tidur cuci kaki dan tangan dulu….

15 08 2008
realylife

nanya ma aku masih bisa kali bun

😀

16 08 2008
zahroul aliyah

“Abi”
panggilan yang tersemat begitu didambakan …

Dulu waktu Luqman kecil dia memanggil ‘abah’ (panggilan orang Kalimantan), tapi menedengar teman-temannya memanggil abi, akhirnya dia juga memanggil abi… Kata abinya. Panggilan ‘abi terdengar lebih sejuk🙂

16 08 2008
goncecs

boro-boro aku dapet dongengan !!
aku kecil tiap hari dapet omelan teruussss !!!

Omelan kasih sayang bukan?
Soalnya saya juga suka ngomel sama anak-anak🙂

16 08 2008
Mang Kumlod

Kayaknya saya harus ikutan tuh Workshop Teknik Bercerita….

Undang saja Kak Bimo🙂

17 08 2008
Sawali Tuhusetya

dongeng memang bisa menjaid media yang tepat untuk menyampaikan pesan2 moral kepada anak. dg banyak mendengarkan dongeng, perasaan anak2 jadi lebih peka dan memiliki kepribadian yang kuat. salut!

Wah… semoga anak-anak saya mempunyai kepribadian yang kuat… Amin…

22 08 2008
nenyok

Salam
Duh jadi inget bapak yang suka donegin saya tentang kisahnya menjadi pelaut..Missed U father

Wah… kenangan manis ya?

24 08 2008
petak

Hmm…
kalo semua anak Indonesia punya abi seperti Abinya Luqman……

Mbak Nina pasti marah:mrgreen:

Hehe… Kenapa harus marah nih?

30 08 2008
Zita

Whoa..hebat juga Abinya Luqman udah kehabisan cerita masih kreatif… 🙂

Kalo diriku tak mampu… hehe😀

4 01 2009
tren di bandung

ide bagus

😉

8 10 2009
Ladu

ok juga ceritanya

Leave a Reply

