[Madura] Kenalan Dulu ya…

30 12 2008

picture-072Madura…

Apa yang terlintas dalam benak anda ketika mendengar kata Madura?

Sate? Garam? Karapan sapi? Carok?

Hehehe… sampai juga ke carok.

Katanya orang Madura itu keras dan pemarah. Katanya…

Tapi saya menemukan ibu saya sebagai orang yang paling sabar di seluruh dunia.

Dia adalah asli keturunan Madura.

Mungkin mayoritas keras dan pemarah…. Tapi tidak semuanya.

Sedikit info tentang Madura yang saya copy dari Tante Wiki ..

Madura adalah nama pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Pulau Madura besarnya kurang lebih 5.250 km2 (lebih kecil daripada pulau Bali), dengan penduduk sekitar 4 juta jiwa.

Suku Madura di Indonesia jumlahnya kira-kira ada 10 juta jiwa (data tahuin 2004, kira-kira termasuk saya tidak ya?). Mereka berasal dari Pulau Madura dan pulau-pulau sekitarnya, seperti Gili Raja, Pulau Sapudi, Pulau Raas dan Kangean. Selain itu, orang Madura tinggal di bagian timur Jawa Timur, dari Pasuruan sampai utara Banyuwangi. Orang Madura di Situbondo dan Bondowoso, serta timur Probolinggo jumlahnya paling banyak, dan jarang yang bisa berbahasa Jawa.

Suku Madura juga banyak dijumpai di provinsi lain seperti Kalimantan, di tempat huruhara di Sampit dan Sambas. Orang Madura pada dasarnya adalah orang yang suka merantau karena keadaan wilayahnya yang tidak baik untuk bertani. Orang Madura senang berdagang dan dominan di pasar-pasar. Selain itu banyak yang bekerja menjadi nelayan, buruh, pengumpul besi tua dan barang-barang rongsokan lainnya.

Suku Madura terkenal karena gaya bicaranya yang blak-blakan serta sifatnya yang keras dan mudah tersinggung, tetapi mereka juga dikenal hemat, disiplin dan rajin bekerja. (Tuh kan, dikenalnya sebagai orang yang keras dan mudah tersinggung. Tapi saya enggak lho…. Eh, iya sih… sedikit)

Untuk naik haji, orang Madura sekalipun miskin pasti menyisihkan sedikit penghasilannya untuk simpanan naik haji. Selain itu orang Madura dikenal mempunyai tradisi Islam yang kuat, sekalipun kadang melakukan ritual Pethik Laut atau Rokat Tasse (sama dengan Larung Sesaji).

Harga diri, juga paling penting dalam kehidupan orang Madura, mereka memiliki sebuah peribahasa “Lebbi Bagus Pote Tollang, atembang Pote Mata”. Artinya, lebih baik mati (putih tulang) daripada malu (putih mata). Tradisi carok juga berasal dari sifat itu.

Madura dibagi menjadi empat kabupaten, yaitu:

  1. Bangkalan (Bapak dan ibu saya aslinya dari sini)
  2. Sampang
  3. Pamekasan
  4. Sumenep

Pulau ini termasuk provinsi Jawa Timur dan memiliki nomor kendaraan bermotor sendiri, yaitu “M”.

Sejarah

Secara politis, Madura selama berabad-abad telah menjadi subordinat daerah kekuasaan yang berpusat di Jawa. Sekitar tahun 900-1500, pulau ini berada di bawah pengaruh kekuasaan kerajaan Hindu Jawa timur seperti Kediri, Singhasari, dan Majapahit. Di antara tahun 1500 dan 1624, para penguasa Madura pada batas tertentu bergantung pada kerajaan-kerajaan Islam di pantai utara Jawa seperti Demak, Gresik, dan Surabaya. Pada tahun 1624, Madura ditaklukkan oleh Mataram. Sesudah itu, pada paruh pertama abad kedelapan belas Madura berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda (mulai 1882), mula-mula oleh VOC, kemudian oleh pemerintah Hindia-Belanda. Pada saat pembagian provinsi pada tahun 1920-an, Madura menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur.[1]

Ekonomi

Secara keseluruhan, Madura termasuk salah satu daerah miskin di provinsi Jawa Timur[2]. Tidak seperti Pulau Jawa, tanah di Madura kurang cukup subur untuk dijadikan tempat pertanian. Kesempatan ekonomi lain yang terbatas telah mengakibatkan pengangguran dan kemiskinan. Faktor-faktor ini telah mengakibatkan emigrasi jangka panjang dari Madura sehingga saat ini banyak masyarakat suku Madura tidak tinggal di Madura. Penduduk Madura termasuk peserta program transmigrasi terbanyak (Tak heran kalau bapak saya pun terlahirnya di Kalimantan)

Pertanian subsisten (skala kecil untuk bertahan hidup) merupakan kegiatan ekonomi utama. Jagung dan singkong merupakan tanaman budi daya utama dalam pertanian subsisten di Madura, tersebar di banyak lahan kecil. Ternak sapi juga merupakan bagian penting ekonomi pertanian di pulau ini dan memberikan pemasukan tambahan bagi keluarga petani selain penting untuk kegiatan karapan sapi. Perikanan skala kecil juga penting dalam ekonomi subsisten di sana.

Tanaman budi daya yang paling komersial di Madura ialah tembakau. Tanah di pulau ini membantu menjadikan Madura sebagai produsen penting tembakau dan cengkeh bagi industri kretek domestik. Sejak zaman kolonial Belanda, Madura juga telah menjadi penghasil dan pengekspor utama garam.

Bangkalan yang terletak di ujung barat Madura telah mengalami industrialisasi sejak tahun 1980-an. Daerah ini mudah dijangkau dari Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, dan dengan demikian berperan menjadi daerah suburban bagi para penglaju ke Surabaya, dan sebagai lokasi industri dan layanan yang diperlukan dekat dengan Surabaya. Jembatan Suramadu yang lama direncanakan dan kini sedang dalam tahap pembangunan diharapkan meningkatkan interaksi daerah Bangkalan dengan ekonomi regional.

Budaya

Madura terkenal dengan budaya Karapan sapinya.

Itu sedikit info tentang Madura.

Dalam urusan politik. Madura belakangan jadi penentu nasib 2 pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, KarSa (Pak Dhe Soekarwo dan Saifullah Yusuf) dan KaJi ( Khofifah Indar Parawansa dan Mudjiono). “MK memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU Jatim) Jawa Timur melakukan coblosan ulang Pilkada di Kabupaten Bangkalan dan Sampang, serta melakukan penghitungan suara ulang di Kabupaten Pamekasan“.

Semoga info ini bermanfaat. Saya sendiri baru tahu info detail tentang Madura setelah membaca wikipedia. Thanks to Wikipedia.


Actions

Information

55 responses

30 12 2008
ven

woooo lengkapppp bangetttt….asyiik mba bacanya…kalo hrs baca sendiri di tante wiki pasti males…untung mba nin yg nulis jd enak bacanya😉

Wehehehe..
Tinggal ke Maduranya aja neh

30 12 2008
ven

konon pengusaha besi rongsok dimadura itu kaya raya ya mba…

Ya say…
Mereka beredar di seluruh Indonesia

31 12 2008
idawy

wah info yg singkat, padat, jelas ttg Madura..
Thanks Mbak Nin…

btw saya dari dulu taunya cuma Sate Madura, kr2 yg kebanyakan jualan Sate beneran org Madura ato engga ya😕

Kalo sate Madura yang jual emang orang Madura Da…
Kecuali sate padang… hehehe

31 12 2008
Rita

Yang paling ku suka dari madura, bahasa itu loh, nta napa ku sukaaa bgt, pokoknya kalo ada akting berbahasa madura, pasti kutungguin ampe abis filmnya hehe😀

Kaya Kadir dan Mbo’ Bariyah ya?

31 12 2008
jangkung23

Assalamu ‘Alaikum
wah jadi pengen ke madura lagi neh

Pernah ke Madura ya…

1 01 2009
syaiful64

Assalamualaikum Wr.Wbr.

Kunjungan perdana diawal tahun baru 1430H & 2009M
semoga pada tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Amiin.
Kunjungan balik ya

2 01 2009
jimmy

hehe bener nih kalo denger madura saya langsung inget sate madura😀 baru tau lho kalo orang madura keras juga, kirain batak aja..

2 01 2009
tuyi

Komplitplit….
salam kenal dari orang madura juga….
Hehehhe…. :mrgeen:

2 01 2009
heri

tapi di madura gak ada sate madura kayaknya:mrgreen:

2 01 2009
Zulmasri

waw, jadi nambah pengetahuan tentang madura neh. kapan-kapan diceritakan tentang carok mbak. kayaknya asyik

3 01 2009
aqsci

Wah … cerita tentang Madura, pasti ada saya tuh. Kenalan dulu ah, saya dari Madura juga loh, tepatnya Kecamatan Pademawu, Pamekasan. Jika sedang OL, saya undang ke rumah saya di naksara.NET ( http://naksara.net )

4 01 2009
syaiful

Assalamualaikum Wr. Wbr.
Tolong membaca laa ilaaha illallah Allahu Akbar dan surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali untuk keselamatan Masjidil Aqsa dan ummat Islam yang ada di Palestina yang jam ini sedang dikepung serta diserang Pasukan Israel Laknatullah dan konco-konconya”. salam ukhuwwah dari Laskar Hijau PBB

Semoga saudara-saudara kita di Palestin senantiasa diberi perlindungan oleh Allah….

4 01 2009
tren di bandung

madura?
jadi ngen pengen ke sana taiyeu,

hehehe…

nunggu ada suramadu aja gitu???
kelamaan ga?

Hehehe… saya nunggu suramadu ini sudah dari 10 tahun yang lalu

4 01 2009
syelviapoe3

Mbak Nin orang Madura, tho ? Kirain asli Lombok …

Sate Madura..
Garam..
Karapan Sapi
Carok…

ya..ya…kenal-kenal😆

Hehe… asli keturunan Madura yang lahir dan besar di Kalimantan

5 01 2009
cantigi™

halo, semoga sehat terus ya.. ^_^

amin… terima kasih…

5 01 2009
Alexhappy

akhirnya lebih mengenali madura itu

Hehehe…Tapi sebelumnya udah tahu kan?

5 01 2009
siwi

Dosenku dulu juga orang asli madura, tapi ga galak sama sekali. Orang paling lucu yang pernah ku kenal. Cuma dialeknya orang madura itu ga pernah bisa menipu.. hihi.. pasti keliatan deh kalo aslinya madura. Kalo bunda Nin logatnya masih madura banget ato udah terkontaminasi? hehe..

He… sudah terkontaminasi…. Udah nyampur dengan Balikpapan dan Lombok

5 01 2009
dewi

temen deketkyu di kos dulu dr madura…
sampek deket sama abah-uminya juga
kita pindah kos, selalu bareng……
masih ada utang sampe sekarang yg belum terbayar, pergi ke madura dan nginep di rumahnya…
semoga diizinkan olehNya … amiiin 🙂

Amin…
Disegerakan membayar utangnya😉

6 01 2009
sapimoto

Kalau saya melihatnya, orang Madura juga banyak kok yang bisa bicara lembut. Yang paling membuat saya terkesan, orang Madura adalah para pekerja keras.

Hehe…
Tapi kalo Pak Sakera kayanya gak bisa tuh bicara lembut..

6 01 2009
nh18

HHmmm …
Saya juga posting mengenai seorang tetangga dari Madura yang pekerja keras

Memang mereka kalau bicara keras dan straight forward … terkesan kasar … namun hati mereka baik lho …

Salam saya

Termasuk saya ngga yang baik Pak?

7 01 2009
Ndoro Seten

Legenda Cak Sakerah?

Tahu legendanya?

7 01 2009
uki21

hanya ingin meninggalkan jejek..
salam kenal..

Jejaknya sudah terlihat.
Salam kenal kembali

7 01 2009
uwiuw

wah kebanggan suku nih heheheh bagus deh sy jadi ngak usah malu malu…sy batak bu nin😀 bangga menjadi seorang anak batak. Merasa sesekali kalau batak itu paling hebat hehehehe. tapi juga orang pertama masuk wajib militer TNI bila suku batak minta merdeka! Ngaka da yg boleh lepas dari NKRI…mau aceh, maluku, siapapun ngak boleh keluar dari NKRI…termasuk madura bila minta merdeka…..heheheh kayaknya suda saatnya sy nagcir bu…..ngacuir!!!!!

Hehehe… Ternyata Batak ya…
Seperti yang dilabelkan pada Madura, Batak itu katanya orangnya juga keras ya…

7 01 2009
mujahidahwanita


Katanya orang Madura itu keras dan pemarah. Katanya…
Tapi saya menemukan ibu saya sebagai orang yang paling sabar di seluruh dunia.
Dia adalah asli keturunan Madura.

ya…kebanyakan orang mengatakan suku ini orangnya begini……, suku ini orangnya begitu……., suku anu sukanya ……, sukanya………padahal itu tidak bisa dijadiakn patokan.

Semua itu tergantung dari pribadi masing-masing, mau suku ini, suku itu, suku di sana, suku di sini nggak ada beda. kalau memang wataknya sudah seperti itu……, seperti ini……… bagaiaman????(walah! jadi saya yg bingung):mrgreen:

pokoke kita nggak bisa melihat seseorang hanya dari satu sisi saja, karena masih ada sisi yang lain yang mungkin kita tidak lihat pada diri mereka.

“Trimakasih” sudah berkunjung di gubuk saya yang kecil……

Salam sejahtera selalu untuk anda dan keluarga, oh ya!, nitip salam untuk ibunya. Anda adalah seorang anak yang beruntung, mempunyai ibu yang penyabar dan baik hati….

Wanita yang fakir dan hina

Bijak sekali…
Terima kasih ya..

7 01 2009
melih

meskipun gak pernah ke madura gak masalah deh cukup baca ceritanya aja dah puas di tambah lagi makan sate madura, wuiih maknyos!

Wah makan sate gak bagi-bagi…

8 01 2009
ai

waaa…senangnya bisa mengenal daerah lain…😀

Ayo… cerita tentang daerahnya

8 01 2009
bapakethufail

MADURA nama yangmenurutku penuh dengan warna…. karakter, budaya dan daerahnya (dari yang kubaca sih..). Yang menjadi aku begitu kagum adalah semangat mempertahankan hidup dan semangat merantaunya luar biasa. satu lagi adalah begitu kuatnya memegang prinsip yang diyakininya…. lainnya ada plus minusnya.

Hehehe… minusnya kok gak disebutin?

8 01 2009
afwan auliyar

setiap suku pasti puny ciri khas masing2 …
jika sudah mengenalnya, maka tidak ada maslah kan !??!

Benar sekali….
Bagaimana dengan suku anda?

8 01 2009
soulharmony

Undangan untuk rekan2 blogger. KalSel punya event besar ARUH BLOGGER 2009 akses di (http://aruhblogger.com). sampaikan kepada rekan2 blogger lainnya

thanks

chandra
CP : 05117718393, 05119044028, 085251534313, 081952954056

Wah di Kalsel ya?

8 01 2009
oRiDo™

jd inget mslh di sampit..
secara posisi aku skrg lg di pangkalan bun.. deket ama sampit..😀

Ya… kadangan bisa teringat kesana memang

8 01 2009
Ika

soto madura………. ntu yang selalu q ingat tentang madura……… makanan favorit soalnya……. hehehe……..

Wah.. jeroan tuh…

8 01 2009
ichaawe

aku jd inget hapalan pas sekolah dulu.
4 kabupaten yg ada dimadura…. hehee .. sampe skr aku msh hapal diluar kepala.

Hayoooo coba disebutin lagi…

9 01 2009
Ekonikoe A. Namikoela

Saya selalu ingat madura kalau rambut sudah panjang, bu. Lha! Entah kebetulan atau tidak, sejak kecil hingga sekarang dan meski berganti tempat, selalu bercukur ke tempat potong rambut Madura. Dan memang benar, tukang cukurnya orang/keturunan orang Madura!

Hehehe….
Tukang cukur Madura terkenal dengan pijatannya…

10 01 2009
doelsoehono

wau Madura saya yang paling berkesan Lautnya karena pertama kali saya naik kapal ya di Madura itu ….inget nyek…makasih

Hehe… tapi nyampe pulaunya kan…

10 01 2009
doelsoehono

Salam …wah jadi kangen ni ama Madura

Sering kesana ya…

10 01 2009
achoey

Orang Maudra itu katanya agamanya kuat
ya seperti bunda ini🙂

Amin…

12 01 2009
maf

meski belum pernah nginjak kaki kesana…tapi senang betul ada yang mau nulis tentang tanah leluhur nenek moyangku….
terus inforkan tentang madura…

Orang Madura juga tho?

14 01 2009
mulyadibjlpile

aq cuma bisa liat madura dari atas aja. waktu pulang dari makasar.
belum pernah nginjak tanahnya.

Sekali-sekali boleh juga kesana

15 01 2009
Didien®

pengen kesana euy…kpn yah..??
ikutan 2nd IBSN Award yuk.. bulan ini tutup tgl 25 jan ‘ 09 jam 23.59wib kami tunggu yah… IBSN (Berbagi Tak Pernah Rugi)

salam kenal, ^_^

Kapan ya?🙂

18 01 2009
pengendara

trus gimana kabar karsa dan kaji ?

Karsa menang kan…

22 01 2009
theKRy

Ha ha ha…saya malah lebih akrab dengan SATE nya, Terus pernah juga di cuci otak saya oleh mbok bariah jaman si unyil. Ah madura ah madura.

Hehe… SEneng makan sate ya?

22 01 2009
Menik

Madura itu panas atau dingin Bu ?:mrgreen:
*oot*

Panas Bun….:mrgreen:

25 01 2009
Donny Reza

saya cuma kenal sate dan bubur kacangnya aja :))

Iya… saya baru tahu ada orang Madura jualan bubur kacang itu setelah di Lombok….

27 01 2009
fie

Asslm…numpang bentar…..moga Qowam cepet sembuh ya bu Amin

Makasih say…

30 01 2009
Mas Joko

Ada data terbaru nggak mengenai pengangguran dan kemiskinan di Kab. Sampang? Trims

http://masjoko.blogdetik.com/

Wah… harus searching dulu nih

30 01 2009
syaiful

terima kasih atas kunjungannya

Sama-sama

7 03 2009
lem

aku pny tmn madura,kpalanya sering ku kletokin sm jari ku sakit keras juga kepalanya.

Hehe… kepala gitu loh..

25 03 2009
muchojin puji santoso

saya suka carok nya… keren kali… perjuangan mereka ( pelaku carok) untuk mempertahankan harga diri dan martabat sebagai manusia. hidup carok…
kata temen gaibku.” orang madura itu keren”

9 06 2009
saresyech

askum..

salam knal,rtu asli madura..
aq lahir N’ besar d lamongan..

mkasih..

walkum..

27 06 2009
cowok langka

blogwalking yawww … sipp,,

2 10 2009
orang madura

wmadura mah mang pulau pesantren, agamanya kuat!!! salam knal y, ternyata anda masih ada orang yg ga malu ngaku orang madura,,,,, siiiipppp

17 04 2012
siELumaN_MimpiE

wah paz jadi bangga jadi orang madura kalo kayak gini,mzkipun kami keras tapi kami punya hati bagi kami harga diri harga mati,jika kami gak di senggol kami gak kan nyenggol_ORENG MADUREH TAK KERAH LANYALA KENG MON ESALAEH INNALILLAH,URUSEN TODUS BAGI KE’ LAKE’ TARONAH NYABEH ASANDENG AREK_

28 05 2012
Ahmad Muzammil

manusia diciptakan bersuku-suku dan berbagsa-bangsa agar saling kenal mengenal….bukan saling bertikai….sy asli madura, tinggal di kalimantan Barat….semoga orang yang berpandangan sempit tentang suku madura dapat tercerahkan dengan blog mu ini miss Nina….salam kenal…

10 01 2013
Lucia Q. Nolan

Sedikit tentang Ponpes AL-AMIEN PRENDUAN Madura, pondok ini merupakan salah satu Pondok Pesantren di pulau madura. Berpusat di desa Prenduan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Desa Prenduan sendiri merupakan desa yang terletak di pinggiran jalan poros propinsi yang menguhubungkan Kabupaten Pamekasan dan Sumenep. Desa Prenduan merupakan desa di pesisir selatan pulau madura, kurang lebih 30 km sebelah barat kota Sumenep dan 22 km sebelah timur kota Pamekasan.

15 06 2013
adii

waduh, madhura’baik juga yha,, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: